19 January 2017

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli. Sebuah sistem pembejaran hendaknya memperhatikan beberapa aspek. Hal tersebut tentunya untuk mendukung jalanya pembelajaran sehingga diharapkan dapat menjapai tujuan dengan maksimal. Diantara berbarbagai astek tersebut model pembelajaran merupakan aspek yang sangat penting untuk selalu diperhatikan. Beberapa waktu lalu penulis telah memaparkan pengertian model pembelajaran terbalik atau yang lebih dikenal dengan istilah Reciprokal Teacing. Untuk melengkapi wawsan tentang model pembelajran tersebut, pada kesempatan kali ini penulis melanjutkan pada bagian langkah-langkah reciprocal teacing. Trianto (2007: 98-99) mengungkapkan langkah-langkah model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) adalah sebagai berikut:
Baja juga: Kumpulan Teori dan Artikel Model Pembelajaran
Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching)
  1. Guru menyediakan teks bacaan sesuai materi yang hendak diajar.
  2. Siswa diminta membaca dalam hati bagian teks yang ditetapkan. Untuk memudahkan mula-mula bekerja paragraf demi paragraf.
  3. Siswa disuruh membuat pertanyaan, merangkum pokok pikiran dalam paragraf, mempridiksi, dan memberikan komentar bila menemukan hal yang tidak jelas dalam bacaan.
  4. Segmen berikutnya dilnjutkan dengan bagian bacaan/paragraf berikutnya, dan dipilih satu siswa yang akan berperan sebagai guru siswa.
  5. Siswa dilatih sebagai guru sepanjang kegiatan itu. Mendorong siswa lain untuk berperan serta dalam dialog, namun selalu memberi gurusiswa untuk kesempatan memimpin dialog. Memberikan umpan balik kepaada guru-siswa untuk peran sertanya.
  6. Pada hari berikutnya, semkin lama guru mengurangi peraan dalam dialog, sehingga guru-siswa dan siswa lain berinsiatif sendiri menangani kegiatan itu. Peran guru selanjutnya sebagai moderator, menjaga agar siswa tetap berada dalam jalur dan membantu mengatasi kesulitan.
Referensi:
Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih