19 January 2017

Langkah-Langkah Pendekatan Belajar Moderat (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli

Langkah-Langkah Pendekatan Belajar Moderat (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli. Kesen pertama pada saat penulis membaca sebuah buku yang didalamnya terdapat sebuah teori model pembelajaran dengan nama "Model pembelajaran Moderat" begitu asing ditelinga, namun keasingan inilah yang membuat penulis semakin tertarik untuk berbagi teori seperti yang dituliskan saat ini. Setelah beberapa hari lalu penulis memaparkan pengertian model pembelajaran moderat pada kesempatan kali ini penulis bermaksud untuk melanjutkan langkah model pembelajran moderat.
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Model Pembelajaran
Langkah-Langkah Pendekatan Moderat (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli
Langkah-Langkah Pendekatan Moderat
Adapun langkah-langkah pendekatan Moderat (Modification Of Reciprocal Teaching) adalah sebagai berikut:
  1. Guru menyiapkan materi yang akan diajarkan, kemudian diinformasikan kepada siswa agar terlebih dahulu merangkum materi dan mempelajari materi dirumah.
  2. Guru menjelaskan secara garis besar, kemudian siswa mempelajari lagi materi tersebut secara mandiri.
  3. Siswa diberi soal latihan yang dikerjakan secara mandiri. Guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Selanjutnya mancatat sejumlah siswa yang dapat mengerjakan secara benar.
  4. Siswa dibagi dalam kelompok dengan pembagian siswa yang dapat mengerjakan secara benar dan meyakinkan merata pada setiap kelompoknya, dengan tujuan dapat membimbing teman dalam kelompoknya yang mengalami kesulitan, sampai semua teman dalam kelompoknya benar-benra dapat mengerjakan soal latihan yang diberikan pada guru.
  5. Siswa dalam kelompok mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru. Siswa dapat membimbing temannya.
  6. Guru membahas soal latihan yang diberikan.
  7. Dengan metode tanya jawab, guru mengungkapkan kembali materi secara singkat untuk mengembangkan materi selanjutnya.
  8. Guru memberi tugas/soal secara individu, termasuk memberikan soal yang mengacu pada kemampuan siswa untuk memprediksi pengembangan materi berikutnya.
  9. Siswa mengerjakan tes tertulis sebagai evaluasi.
  10. Guru melakukan evaluasi untuk mengetahui sampai dimana keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan.
Demikianlah seputar teroi Langkah-Langkah Pendekatan Moderat (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli. Semoga dapat menambah pengetahuan serta wawasan pembaca semuanya.

Langkah-Langkah Pendekatan Belajar Moderat (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih