16 January 2017

Pengertian dan Macam-Macam Norma dalam Masyarakat

Pengertian dan Macam-Macam Norma dalam Masyarakat. Menurut Soerjono Soekanto norma adalah suatu perangkat agar hubungan di dalam suatu masyarakat terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Norma-norma mengalami proses pelembagaan atau melewati suatu norma kemasyarakatan yang baru untuk menjadi bagian dari salah satu lembaga masyarakat sehingga norma tersebut dikenal, diakui, dihargai, dan kemudian ditaati dalam kehidupansehari-hari. Norma sangat penting dalam kehidupan kita, karena dengan adanya norma maka akan tercipta ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat. Mengapa bisa sedemikian rupa, karena norma mengandung pedoman-pedoman hidup yang dapat menuntun masyarakat menciptakan kehidupan yang damai dan tentram. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat Macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat:
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Etika
Pengertian dan Macam-Macam Norma dalam Masyarakat
Norma dalam Masyarakat

1. Norma Agama

Norma agama adalah suatu norma yang berdasarkan ajaran aqidah suatu agama. Norma ini bersifat mutlak yang mengharuskan ketaatan para penganutnya. Apabila seseorang tidak memiliki iman dan keyakinan yang kuat, orang tersebut cenderung melanggar norma-norma agama.

2. Norma Kesusilaan

Norma ini didasarkan pada hati nurani atau ahlak manusia. Melakukan pelecehan seksual adalah salah satu dari pelanggaran dari norma kesusilan.

3. Norma Kebiasaan

Norma ini merupakan hasil dari perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi kebiasaan. Orang-orang yang tidak melakukan norma ini dianggap aneh oleh anggota masyarakat yang lain. Kegiatan melakukan acara selamatan, kelahiran bayi dan mudik atau pulang kampung adalah contoh dari norma ini.

4. Norma Hukum

Norma hukum adalah himpunan petunjuk hidup atau perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat (negara). Sangsi norma hukum bersifat mengikat dan memaksa. Melanggar rambu-rambu lalu lintas adalah salah satu contoh dari norma hukum.

Pengertian dan Macam-Macam Norma dalam Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih