16 January 2017

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli. Setiap manusia tentu melakukan suatu aktivitas dan tindakan untuk mencapai tujuan yang ia harapkan. Pada kenyataannya tidak sedikit orang yang melakukan segala tindakan untuk mencapai tujuannya, baik itu berupa tindakan baik maupun tindakan buruk. Yang terpenting ia mampu mencapai tujuan yang ia harapkan. Dalam hal ini perlu adanya suatu patokan atau tolak ukur untuk mengatur tindakan manusia. Disinilah pentingnya nilai sebagai cerminan seseorang untuk memilah-milah suatu tindakan yang akan diambilnya, apakah yang baik maupun yang buruk.

Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi kehidupan manusia. Menilai berarti menimbang, yaitu kegiatan manusia menghubungkan sesuatu dengan sesuatu, untuk selanjutnya mengambil keputusan. Keputusan nilai dapat mengatakan berguna atau tidak berguna, benar atau tidak benar, baik atau tidak baik, religius atau tidak religius. Hal ini dihubungkan dengan unsur-unsur yang ada pada manusia yaitu jasmani, cipta, rasa, karsa dan kepercayaan.
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Etika
Pengertian Nilai Menurut Para Ahli
Nilai Menurut Para Ahli
Djahiri (1999), nilai adalah harga, makna, isi dan pesan, semangat, atau jiwa yang tersurat dan tersirat dalam fakta, konsep, dan teori, sehingga bermakna secara fungsional. Disini, nilai difungsikan untuk mengarahkan, mengendalikan, dan menentukan kelakuan seseorang, karena nilai dijadikan standar perilaku.

Winataputra (1989) mengungkapkan bahwa nilai adalah harga atau kualitas sesuatu. Artinya, sesuatu dianggap memiliki nilai apabila sesuatu tersebut secara instrinsik memang berharga.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas maka penulis memberikan simpulan bahwa nilai dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat dari pergaulan disekitar. Nilai dapat menjadikan seseorang untuk lebih menghargai apa yang ia lihat, dengar maupun untuk melakukan sesuatu agar lebih dicerna kembali apa yang ia lakukan itu benar atau tidak.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih