17 January 2017

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli. Peranan guru sebagai agen pembelajaran dapat dilihat dari adanya langkah inovasi yang dilakukan terhadap hasil evaluasi dan refleksi proses pembelajaran yang telah dilakukannya. PTK dapat dijadikan sarana bagi guru dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran secara efektif.

Dalam literatur berbahasa Inggris, PTK disebut Classroom Action Research (CAR). Saat ini PTK sedang berkembang dengan pesatnya di negeranegara maju seperti Inggris, Amerika, Australia dan Canada. Para ahli penelitian pendidikan akhir-akhir ini menaruh perhatian yang sangat besar terhadap PTK. Apabila dicermati, kecenderungan baru ini mengemuka karena jenis penelitian ini mampu menawarkan pendekatan dan prosedur baru yang lebih menjanjikan dampak langsung dalam bentuk perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru dalam mengelola proses belajar mengajar di kelas atau implementasi berbagai program di sekolah dengan mengkaji berbagai indicator keberhasilan proses dan hasil pembelajaran yang terjadi pada siswa atau keberhasilan proses dan hasil implementasi berbagai program sekolah. Beberapa pengertian PTK menurut pendapat beberapa ahli sebagai berikut:
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)
Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

1. Stephen Kemmis

PTK dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan (guru), yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakantindakan yang dilakukan itu, serta memperbaiki kondisi di mana praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan. Untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut, PTK itu dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati dan merefleksi.

2. Ani W (2008)

Penelitian tindakan kelas adalah suatu kegiatan penelitian yang berkonteks kelas yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencobakan hal-hal baru dalam pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran.

Dari pendapat para ahli mengenai PTK di atas, dapat diambil suatu kekesimpulan bahwa penelitan tindakan kelas merupakan penelitian yang bersifat kasuistik dan berkonteks pada kondisi, keadaan dan situasi yang ada di kelas yang dilaksanakan untuk memecahkah permasalahanpermasalahan yang terjadi guna meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih