17 January 2017

Pengertian Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Menurut Para Ahli

Pengertian Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Menurut Para Ahli. Penelitian tindakan sekolah (PTS) merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja sistem pendidikan, dan mengembangkan manajemen sekolah agar menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien. Dengan bersandar pada pendapat Stringer (1996: 9) yang mengartikan penelitian tindakan sebagai “diciplined inquiry (research) which seeks focused efforts to improve the quality of people’s organizational, community and family lives”. Dengan demikian PTS dapat diartikan sebagai sebuah upaya untuk memperbaiki kondisi dan memecahkan berbagai persoalan pendidikan yang dihadapi di sekolah. Pengertian tersebut menunjuk pada dua kata kunci yang minimal salah satunya harus ada dalam PTS, yaitu pemecahan masalah (problem solving) dan peningkatan (improvement) kinerja sistem pendidikan serta manajemen sekolah yang secara keseluruhan akan berdampak pada peningkatan mutu.
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)
Pengertian Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Menurut Para Ahli
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)
Penelitian tindakan adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyimpulan data dari suatu jenis dan isi tindakan yang sengaja direncanakan dan dilaksanakan untuk memperbaiki metode kerja yang efektif dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya (Nana Sujana, 2010).

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) adalah tindakan ilmiah yang dilakukan kepala sekolah untuk memecahkan masalah di sekolah yang dibinanya (Mills, 2003; Stringer, 2004; Glickman etr al., 2007; Hopkins, 2008). PTS adalah penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti (umumnya juga praktisi) di sekolah untuk membuat peneliti lebih profesional terhadap pekerjaannya, memperbaiki praktik-praktik kerja, dan melakukan inovasi sekolah serta mengembangkan ilmu pengetahuan terapan (professional knowledge).

Berdasarkan definisi tersebut, maka ciri utama PTS adalah melakukan tindakan nyata untuk memperbaiki situasi atau melakukan inovasi sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran sehingga mampu menghasilkan siswa yang berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap dalam menyelesaikan masalah, dan bernaluri kewirausahaan.

Pengertian Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih