11 January 2017

Pengertian Shalat dalam Agama Islam

Pengertian Shalat dalam Agama Islam. Shalat merupakan ibadah yang harus dikerjakan oleh semua orang Islam, baik laki-laki maupun perempuan yang sudah mencapai usia baligh, oleh karena itu melaksanakan shalat hukumnya adalah fardhu„ain, jadi orang islam apabila sudah berusia baligh wajib hukumnya untuk melaksanakan shalat dan apabila tidak melaksanakannya maka akan mendapatkan dosa atau disiksa kelak di hari kiamat.

Menurut Rahman (2002) shalat berarti doa, ibadah, memohon dengan khusyuk kepada Tuhan, meminta rahmat Tuhan. Allah berfirman dalam surah At-Taubah ayat 103 :
dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka…. (QS. At-Taubah: 103).
Hasan (2000) menjelaskan bahwa shalat menurut bahasa (etimologi) adalah doa, sedangkan shalat menurut istilah (terminologi) adalah semua ucapan dan perbuatan yang bersifat khusus yang dimulai dengan takbir dan disudahi dengan salam, dan memenuhi beberapa syarat yang ditentukan.
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Agama Islam
Pengertian Shalat dalam Agama Islam
Shalat dalam Agama Islam
Praktik shalat sebenarnya sangat khusus dan merupakan ciri kehidupan spiritualitas dan pokok dalam islam. Spiritualis India Hazrat Inayat Khan, berkata, “Orang yang tidak pernah mengerjakan shalat bagaimanapun tak punya harapan untuk maju“. Hal ini sangat beralasan karena shalat pada kenyataannya merupakan bentuk ibadah praktik lahir dan batin, yang merupakan serangkaian latihan jasmani yang memiliki efek tertentu.

Dengan jasmani yang sehat dan bugar mendorong manusia untuk lebih kreatif dalam aktifitas keseharian. Demikian pula sebagai praktik batin, shalat merupakan makanan rohaniah yang paling kaya. Sehingga dalam banyak hal para spiritualis islam (sufi) banyak berfikir lebih baik mati dari pada tidak shalat (Djoko Hartono, 2011: 13-14).

Referensi:
Djoko Hartono. 2011. Kekuatan Spiritualitas Para Pemimpin Sukses, Dari Dogma Teologis Hingga Pembuktian Empiris. Surabaya : LKPI.

Pengertian Shalat dalam Agama Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih