16 January 2017

Pengertian Sikap Sopan Santun dalam Masyarakat

Pengertian Sikap Sopan Santun dalam Masyarakat. Sopan santun ialah suatu tingkah laku yang amat natural. Sopan santun itu adalah sikap seseorang terhadap apa yang ia lihat, ia rasakan, dan dalam situasi, kondisi apapun. Sikap santun yaitu baik, hormat, tersenyum, dan taat kepada suatu peraturan. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja, dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita. Baik atau buruk, misalnya sedang berada dalam situasi yang ramai dimana kita akan melewati jalan itu, jika kita sopan pasti kita akan mengucapkan kata permisi. Mungkin semua orang sudah mengerti apa itu sopan santun, karna sifat ini telah ditanamkan sejak kecil pada diri individu tersebut dan bagaimana kita mengembangkannya di dalam kehidupan kita dan disekitar kita.

Sopan santun merupakan istilah "Bahasa Jawa" yang dapat diartikan sebagai perilaku seseorang yang menjunjung tinggi nilai-nilai menghormati, menghargai, dan berakhlak mulia. Sopan santun bisa dianggap sebagai norma tidak tertulis yang mengatur bagaimana seharusnya kita bersikap atau berperilaku.
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Etika
Pengertian Sikap Soapan Santun dalam Masyarakat
Sikap Sopan Santun dalam Masyarakat
Terkadang sopan santun itu hilang pada diri kita, ketika kita sedang berhadapan dengan orang lain yang menyebalkan, contoh kecilnya saja, ketika kita akan memasuki kelas jarang sekali seseorang mengetuk pintu dahulu kemudian ia mengucapkan salam. Sopan santun dapat dipengaruhi oleh apapun dan hal apa saja. Misalnya sopan santun yang buruk disebabkan oleh lingkungan yang tidak ada tata tertibnya, individu yang tak pernah mengenal pentingnya kepribadian, kurangnya pengenal sopan santun yang diajarkan oleh orang tua sejak dini, pembawaan diri individu itu sendiri. Baik buruknya kesopanan yang dimiliki itu tergantung dengan pembawaan anak. Peran orang tua pun tak kalah penting untuk membangun sifat dasar yang harus dimiliki anak ini.

Pengertian Sikap Sopan Santun dalam Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih