22 February 2017

Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli. Untuk memahami lebih jauh mengenai pengertian sistem, berikut ini akan dikemukakan beberapa pendapat tentang defenisi dari sistem tersebut.
Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli
Sistem Pemerintahan
Moh. Kusnardi dan Harmaily Ibrahim (1988: 66) mengungkapkan bahwa sistem adalah suatu keseluruhan, terdiri dari beberapa bagian yang memiliki hubungan fungsional, baik antara bagian yang satu dengan bagian yang lain maupun hubungan fungsional terhadap keseluruhan, sehingga hubungan itu dapat menimbulkan suatu ketergantungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, akibat yang ditimbulkan jika salah satu bagian tidak bekerja dengan baik maka akan mempengaruhi bagian-bagian yang lainnya.

Baca juga:
Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pamudji (1985: 9-10) mengungkapkan bahwa sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang utuh, dimana di dalamnya terdapat komponen-komponen yang pada gilirannya merupakan sistem tertentu yang mempunyai fungsi masing-masing, saling berhubungan satu dengan yang lain menurut pola, tata atau norma tertentu dalam rangka mencapai suatu tujuan.
Berdasarkan kedua pendapat para ahli di atas penulis mengambil kesimpulan bahwa sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang utuh dari beberapa komponen yang mempunyai hubungan fungsional dan ketergantungan antara satu dengan yang lain menurut suatu norma tertentu dalam rangka mencapai suatu tujuan.

Referensi:
Moh. Kusnardi dan Harmaily Ibrahim. 1998. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Jakarta:  Sinar Bakti.
Pamudji. 1985. Perbandingan Pemerintahan. Jakarta: Bina Aksara

Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih