06 August 2017

Macam-Macam Motivasi Belajar Menurut Para Ahli

Macam-Macam Motivasi Belajar Menurut Para Ahli. Muhibbin Syah (1996: 137) mengungkapkan 2 macam motivasi belajar adalah sebagai berikut:

  1. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang murni muncul dari dalam dirinya. Dalam belajar motivasi erat kaitannya dengan rasa senang dan antusias seseorang terhadap pelajaran yang diberikan. Motivasi intrinsik timbul dari dalam diri siswa tanpa danya paksaan yang datang dari luar.
  2. Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang timbul berkat dorongan dari luar diri seseorang.15 Salah satu rangsangan yang datang dari luar tersebut adalah motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswanya, guru yang profesional harus mampu mengadakan proses belajar mengajar yang bermakna bagi siswanya.
Beberapa contoh motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sering adalah sebagai berikut:
Macam-Macam Motivasi Belajar Menurut Para Ahli
Motivasi Belajar
  1. Memberi angka adalah simbol atau nilai dari hasil aktivitas belajar anak didik
  2. Hadiah adalah memberikan kepada orang lain penghargaan atau kenang- kenangan/ cendramata.
  3. Saingan atau kompetensi, digunakan sebagai alat motivasi untuk mendorong belajar siswa. Baik persaingan individu maupun persaingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
  4. Ego involvement adalah menumbuhkan kesadaran pada siswa agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan dan bekerja keras, sebagai salah satu bentuk motivasi yang cukup penting.
  5. Memberi ulangan adalah salah satu strategi yang sangat penting dalam pengajaran. Para siswa akan menjadi giat belajar jika mengetahui akan ada ulangan merupakan sarana motivasi.
  6. Mengetahui hasil adalah dorongan ingin mengetahui membuat berusaha dengan cara apapun agar keinginannya itu menjadi kenyataan dan terwujud.
  7. Pujian adalah alat memotivasi yang positif. Pujian menimbulkan rasa puas dan senang.
  8. Hukuman adalah hukuman yang dimaksud disini bukan hukuman masuk penjara dll tapi hukuman yang berupa mendidik, seperti sanksi menyapu lantai, mencatat bahan pelajaran yang ketinggalan, atau apa saja sifatnya yang mendidik.
  9. Hasrat untuk belajar, berarti ada unsur kesengajaan, ada maksud untuk belajar. Hasrat untuk belajar berarti pada diri peserta didik memang ada motivasi untuk belajar.
  10. Minat, motivasi sangat erat kaitannya dengan minat. Motivasi muncul karena ada kebutuhan, begitu juga minat sehingga tepatlah jika minat merupakan alat motivasi yang pokok.
  11. Tujuan yang diakui merupakan alat motivasi yang sangat penting. Sebab dengan memahami tujuan yang akan dicapai, maka akan muncul motivasi untuk terus belajar.
Beberapa contoh di atas dapat dilakukan guru dalam proses belajar mengajar untuk menumbuhkan motivasi siswanya agar timbul rasa ingin belajar dari mereka.

Referensi:
Muhibbin Syah. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Macam-Macam Motivasi Belajar Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih