27 August 2017

Pengertian Etos Kerja Guru Menurut Para Ahli

Pengertian Etos Kerja Guru Menurut Para Ahli. Kata etos berasal dari bahasa Yunani yaitu ethos yang berarti ciri, sifat/ kebiasaan, adat istiadat/juga kecenderungan moral, pandangan hidup yang dimiliki seseorang/suatu golongan/suatu bangsa (Tasmara, 2002:15).

Koentjoroningrat mengemukakan pandangannya bahwa etos merupakan watak khas yang tampak dari luar, terlihat oleh oorang lain. Menurut Geert, etos merupakan sikap mendasar manusia terhadap diri dari dunia yang di pancarkan hidup ( Asifudin, 2004:25-26).
Pengertian Etos Kerja Guru Menurut Para Ahli
Etos Kerja Guru Menurut Para Ahli
Sedangkan kata kerja merupakan aktivitas manusia baik disadari maupun tidak. Di dalam kerja terkandung nilai-nilai moral maupun material. Dengan demikian orientasi kerja manusia tidak lepas dari nilai-nilai tersebut. Manusia akan merasa dihargai jika kerjanya mempunyai makna dan mendapat penghargaan atas aktivitas yang telah dilaksanakannya. Selama kerja itu merupakan suatu kebutuhan dalam eksistensinya, sebagai manusia akan senantiasa tercipta kondisi yang memacu semangatnya (Mubyarto, 1993:88-89).

Menurut Muchtar Buchori etos kerja dapat diaetikan sebagai sikap dan pandangan terhadap sifat-sifat mengenai cara kerja yang dimiliki seseorang, suatu kelompok manusia atau suatu bangsa (Asifudin, 2004:27).

Di sisi lain, makna bekerja bagi seorang muslim adalah suatu upaya yang sungguh-sungguh dengan mengerahkan seluruh tenaga, pikiran dan dzikirnya sebagai hamba Allah yang harus menghadapi dunia untuk menempatkan dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang terbaik atau dengan kata lain dapat juga kita katakan bahwa hanya dengan bekerja manusia itu memanusiakan dirinya (Tasmara, 1995:27).

Jadi, makna etos kerja dapat diartikan sebagai suatu upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan baik di dunia maupun di akhirat dengan menempatkan dirinya dalam menghadapi hidup. Apabila manusia menjadi makhluk yang lemah dan pemalas, maka akan menjadi manusia yang bodoh dan miskin serta tidak akan mendapatkan derajat yang tinggi di masyarakat.

Guru adalah orang yang sangat berpengaruh dalam proses KBM, oleh karena itu harus betul-betul membawa siswanya kepada tujuan yang ingin dicapai. Guru harus berpandangan luas. Dari kriteria bagi seorang guru adalah harus memiliki kewibawaan (Wijaya, 1998:23).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa etos kerja guru adalah suatu pandangan, sikap yang dimiliki guru yang profesional dalam melaksanakan dan mengembangkan kegiatan pendidikan, sehingga menimbulkan suasana di lingkungan sekolah yang kondusif dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Pengertian Etos Kerja Guru Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih