06 August 2017

Teknik Pembelajaran Verbs? Change Them!

Teknik Pembelajaran Verbs? Change them! adalah suatu teknik pembelajaran dimana guru memberikan semangat baru kepada tugas siswa dengan mengubah kata kerja dalam tugas meringkas. Guru meminta siswa untuk membandingkan tugas yang diberikan dengan memberikan beberapa bentuk variasi kata kerja yang membuat siswa lebih termotivasi dan bersemangat dengan pelajaran kita.

Teknik ini digunakan setelah guru memberikan topik pelajaran dan menginginkan siswa untuk meringkas pelajaran berdasarkan topik yang telah diberikan. Tugas pertama hanya meminta siswa melaporkan informasi. Jawaban tidak membutuhkan pemikiran lebih dalam dan hampir-hampir dapat dilakukan hanya dengan mengkopi dan menempelkan jawaban dari internet. Pendekatan ini mengulang informasi dan hanya meminta siswa untuk menulis informasi dalam kalimat yang baik dan urutan yang logis. Penciplakan dan hilang semangat dengan mudah menghampiri.

Teknik Pembelajaran Verbs? Change Them!
Teknik Pembelajaran Verbs? Change Them!
Akan tetapi tugas yang kedua, menuntut siswa untuk menggunakan informasi dan menarik kesimpulan. Urutan dapat diperdebatkan, tergantung pada penafsiran siswa. Tugas ini membuat siswa menjadi sedikit cemas, apakah ia mampu membenarkan tugas yang ia buat setelah guru memberikan perubahan kata kerja pada tugas mereka. Tentu siswa akan berfikir lagi dalam mengerjakan tugas mereka dan mencoba memeriksa catatan mereka dan berfikir dengan teliti. Tugas kedua lebih melibatkan siswa, dan karenanya lebih diingat.

Teknik pembelajaran ini tugas seorang guru bukan sekedar menyajikan pelajaran untuk menambah pengetahuan. Ia harus menambah api bila tidak ada api di sana. Mengubah kata kerja adalah cara yang baik untuk meningkatkan kualitas tugas meringkas kita.

Adapun langkah-langkah pembelajaran Verbs? Change them! adalah sebagai berikut:
  1. Guru membuka pelajaran dengan menyampaikan topik/ konsep pelajaran
  2. Guru menuliskan apa saja yang akan siswa ringkas dari pelajaran sesuai dengan topik yang diberikan
  3. Guru mempertimbangkan tugas yang akan diberikan, apakah harus meminta siswa melakukan tugas yang biasa atau harus melakukan sesuatu yang lebih dengan tugas itu.
  4. Guru memberikan campuran tugas yang sederhana dan kompleksdengan cara menganalisis kata kerja yang dipilih dalam tugas yang akan diberikan kepada siswa.
  5. Guru dalam memberikan tugas kepada siswa harus fokus pada topik pelajaran yang telah diberikan
  6. Guru meminta masing- masing siswa untuk melaporkan informasi yang didapat dari topik pelajaran yang diberikan
  7. Guru menjelaskan kepada siswa tentang tugas dan penjabaran dari inti dan topik pelajaran.
Rick Wormeli (2011: 204) mengungkapkan beberapa kelebihan dan kelemahan teknik pembelajaran Verbs? Change them! adalah sebagai berikut:
Kelebihan teknik pembelajaran verbs? change them! adalah sebagai berikut:
  1. Teknik ini mampu menyalakan daya tarik dan meningkatkan kemampuan siswa yang tanpanya mungkin akan hanyut
  2. Teknik ini dapat membuat semua siswa tetap tertarik pada isi pelajaran dengan meningkatkan kesulitan tugas yang diberikan guru.
  3. Dengan memberikan beberapa kata kerja dalam tugas siswa dapat mengundang siswa untuk berinteraksi lebih banyak.
  4. Membuat siswa termotivasi mengulang kembali membaca catatan mereka dengan tugas yang kita berikan.
Kelemahan teknik pembelajaran verbs? change them! adalah sebagai berikut:
  1. Dalam teknik ini bagi siswa yang lemah dalam menafsirkan tugas yang guru berikan akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang ia akan kerjakan.
  2. Kemudian dalam pemberian tugas yang sama dalam setiap waktuakan membuat anak akan kehilangan minat dalam meringkas tugas yang diberikan guru.
Referensi:
Rick Wormeli. 2011. Meringkas Mata Pelajaran: 50 Teknik Untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa. Jakarta: Erlangga.

Teknik Pembelajaran Verbs? Change Them! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih