27 August 2017

Tugas dan Tanggung Jawab Guru Menurut Para Ahli

Tugas dan Tanggung Jawab Guru Menurut Para Ahli. Menurut Peters (1989) ada 3 tugas dan tanggung jawab guru yakni guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing dan guru sebagai administrator di kelas.

Filsafat sebagai pengajar dituntut memiliki kemampuan kepada tugas dalam merencanakan dan melaksanakan pelajaran. Dalam kaitan ini guru dituntut memiliki kemampua seperangkat pengetahuan, dan keterampilan teknis mengajar, di samping menguasai ilmu bahan yang akan diajarkan.
Tugas dan Tanggung Jawab Guru Menurut Para Ahli
Tugas dan Tanggung Jawab Guru
Guru sebagai pembimbing memberikan bantuan dan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh anak didik, sehingga tugas ini lebih populer mendidik. Sedangkan guru sebagai administrator kelas pada hakekatnya merupakan jalinan antara ketatalaksanaan bidang pelajaran (Isjoni, 2006:16).

Jadi, tugas dan tanggung jawab guru merupakan tugas pokok guru yang harus dilakukan di sekolah. Di samping itu ada lagi tugas lain yang dituntut kepada guru, misalnya selalu berbuat yang terbaik untuk siswanya. Dengan tugas tersebut diharapkan guru dapat aktif dan kreatif. Semakin aktif dan kreatif, guru menunjukkan mobilitasnya yang tinggi. Guru yang mempunyai mobilitas tinggi ini umumnya akan terbiasa menghadapi permasalahanpermasalahan yang luas serta pola pikir yang baik.

Menurut Oemar Hamalik, tugas-tugas guru sebagai pendidik adalah:

1. Guru sebagai pendidik dan pengajar

Guru akan mampu mendidik dan mengajar apabila dia mempunyai kestabilan emosi, memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk memajukananak didik, bersikap realitas, bersikap jujur, terutama terhadap inovasi pendidikan.

2. Guru sebagai anggota masyarakat

Guru harus bersikap terbuka, tidak bertindak secara otoriter, tidak bersikap angkuh, bersikap ramah tamah dengan siapapun, suka menolong, empati terhadap pimpinan, teman sejawat dan para siswa.

3. Guru sebagai pemimpin

Peranan kepemimpinan akan berhasil apabila guru memiliki kepribadian seperti: fisik yang sehat, percaya diri, memiliki etos kerja yang tinggi dan antusiasme, dan menguasai ilmu tentang teori kepemimpinan, prinsip-prinsip hubungan masyarakat, dan semua aspek kegiatan di sekolah.

4. Guru sebagai pelaksana administrasi ringan

Dalam hal ini guru harus memiliki ketrampilan seperti mengadministrasikan keuangan, menyusun academic records, menyusun arsip dan ekspedisi, mengetik dan lain sebagainya (Hamalik, 2002 : 42-44).

Dengan adanya poin-poin tersebut, tahulah bahwa tugas guru tidak ringan, profesi guru harus berdasarkan panggilan jiwa sehingga dapat menunaikan tugas dengan baik dan ikhlas. Guru harus mendapatkan haknya secara profesional dengan gaji yang patut diperjuangkan melebihi profesi-profesi lainnya sehingga keinginan peningkatan kompetensi guru dan kualitas belajar anak didik bukan hanya sebuah slogan di atas kertas.

Tugas dan Tanggung Jawab Guru Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih