08 October 2017

Dampak Penggunaan Smartphone di Kalangan Siswa SD

Dampak Penggunaan Telepon Seluler Pintar (Smartphone) di Kalangan Siswa SD. Telepon seluler pintar merupakan bagian perkembangan pengaruh era globalisasi khususnya perkembangan dunia Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK). Telepon seluler pintar atau yang lebih dikenal dengan sebutan smartphone kini menjadi bagian dari kebutuhan hidup untuk menunjang komunikasi.

Perkembangan dunia smartphone saat ini hendaknya harus kita perlihatkan sejak dini dengan melihat dan memilih terlebih kaitannya dari segi kebutuhkan siswa. Pengenalan ini diharapkan mampu meminimalkan dampak-dampak penggunaan smartphone yang tidak seharusnya tidak dilakukan. Namun disisi lain tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi yang sedang berlangsung hingga mereka dewasa nanti. Tentunya proses ini harus didampingi dengan pengetahuan yang diberikan guru ketika di sekolah serta pengawasan penggunaan smartphone di lingkungan rumah oleh orang tua.
Dampak Penggunaan Smartphone di Kalangan Siswa SD
Dampak Penggunaan Smartphone di Kalangan Siswa SD
Perkembangan smartphone di era modern kini memberikan fasilitas yang dirasa semakin bergeser dari fungsi utamanya. Banyaknya fitur-fitur smartphone yang memberikan fasilititas kepada pengguna untuk menikmati layanat internet dan game. Smartphon kini lebih menunjang dunia hiburan dibandingkan dengan fungsi sebagai alat komunikasi. Hal inilah yang menjadi dasar observasi penggunaan pengunaan smartphone siswa SD.

Smartphone merupakan telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Penggunanaan smartphone dapat memberikan pengalaman-pengalaman pengguna yaang dipandang lebih praktis serta lebih banyak pilihan-pilihan menu didalamnya.

Smartphone memiliki fitur yang sangat lengkap. Smartphone bukan hanya  dilengkapi dengan kamera, radio, game, pemutar musik, pemutar video. Namun perkembangan di era TIK Masa kini lebih dari sekadar hanphone biasa. Pada perkembangannya saat ini smartphone dilengkapi fitur aplikasi-aplikasi yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Banyaknya aplikasi yang menggunakan fitur internet yang bisa dijalankan di smartphone diantaranya browser,  game online, sosial media, dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi-aplikasi yang kini semakin digemari oleh anak-anak adalah game online, facebook, whatsapp, Instagram, bbm, dan aplikas-aplikasi sejenisnya lainnya.

Perkembangan teknologi telekomunikasi smartphone yang sangat canggih tersebut juga mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap perkembangan era modern saat ini. Bukan hanya kalangan orang bisnis saja yang menggunakan teknologi canggih seperti smartphone tersebut, melainkan dari semua kalangan bahkan sampai kalangan pelajar termasuk siswa-siswi SD.

Berbicara mengenai penggunaan smartphone siswa SD, pengunaan smartphone tentunya dapat memberikan dampak yang akan ditimbulkan yaitu dampak positif dan negatif (http://terknologimasakini.blogspot.co.id/).

Dampak positif penggunaan smartphone adalah sebagai berikut:
  1. Dapat mencari permainan edukatif
  2. Belajar tanggap teknologi
  3. Dapat mencari informasi pendidikan yang inovatif
  4. Melatih fungsi otak
Dampak negatif penggunaan smartphone adalah sebagai berikut:
  1. Bahaya/resiko radiasi
  2. Hambatan terhadap perkembangan
  3. Lambat memahami pelajaran
  4. Beresiko terhadap perkembangan psikologis anak
Penggunaan smartphone siswa SD masih dalam ranah mencoba-coba, hendaknya didampingi orang tua. Pada batasan waktu serta pengawasan terhadap fitur-fitur yang dimainkan. Hal tersebut untuk menanggulangi dampak negatif smartphone.

Sebaiknya guru memberikan pengetahuan kepada siswa dampak-dampak penggunaan smarphone secara berlebihan serata orang tua selalu memberikan pengawasan lebih terhadap anaknya. Jadikanlah perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi sebagai alat penunjang untuk lebih kreatis dan sesuai dengan batasan-batasan yang ada.

Dampak Penggunaan Smartphone di Kalangan Siswa SD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih